Monday, 15 February 2016

Cara Download dan Simpan Lagu dari JOOX

Dear Diary,
Siapa sih sekarang ini yang gak kenal JOOX? Itu loh, aplikasi music streaming yang lagi naik daun di Indonesia akhir-akhir ini. JOOX menawarkan kemudahan mendengarkan banyak lagu berlisensi resmi kapan pun dimana pun. Meski bisa di-download untuk diputar dalam mode offline, sayangnya format lagu yang di-save itu dienkripsi oleh JOOX, sehingga tidak bisa didengarkan di aplikasi pemutar musik yang lain. Nah, bagaimana ya cara download lagu di JOOX?

Cara ini cocok buat kamu yang ingin memiliki lagu berlisensi resmi yang disediakan oleh JOOX. Ini juga bisa kamu gunakan sebagai cara download lagu VIP JOOX loh. Mau?

Cara Save Lagu Dari JOOX Langsung di Android Kamu

1. Instal JOOX Music dan File Manager

Untuk cara download lagu di JOOX, hal pertama yang harus siapkan adalah JOOX Music. Jika kamu memiliki akses VIP di JOOX, kamu bisa mendownload jutaan lagu VIP menggunakan cara ini. Bagaimana cara berlangganan VIP JOOX secara gratis? Kamu bisa mendapatkan akses VIP JOOX selama 1 bulan, dan kamu juga bisa menambahnya dengan membagikan lagu ke WeChat atau Facebook .

Untuk file manager, favorit Bang Rapy sih X-Plore File Manager. Atau kamu punya file manager favorit sendiri? Bebas kok, asal bisa digunakan untuk rename file aja.

2. Download Lagu dari JOOX Music

Silakan kamu cari lagu yang ingin kamu download dari JOOX. Ingat, jika kamu pengguna VIP, kamu juga bisa download lagu VIP dari JOOX. Tenang, kamu akan menemukan jutaan lagu di JOOX. Selama lagu itu berlisensi resmi, pasti ada di JOOX.

JOOX_1

Cara download lagu dari JOOX bisa dengan menekan tombol (...) di sebelah kiri judul lagu, lalu pilih Download. Atau klik tombol panah di kiri bawah saat kamu sedang memutar lagu.

Setelah lagunya selesai di-download, kamu pause aja lagunya.

JOOX_2

3. Buka File Manager

JOOX_3
Setelah sukses men-download lagunya, silakan buka file manager yang ada di Android kamu. Lalu cari folder JOOX - Song. Di sana kamu akan melihat dua file dengan nama sama, tapi berbeda ekstensinya (ofl dan ofl_en). Tugas kamu adalah mengganti nama file yang berekstensi ofl menjadi file mp3.

Permasalahannya adalah fakta bahwa file ofl tersebut berukuran 0.00 Byte, jadi kamu tidak bisa begitu saja mengganti namanya. Untuk bisa mengubah file ofl yang berukuran 0.00 Byte tersebut, barikut caranya:
  • Tutup file manager, lalu kamu putar kembali lagu yang tadi kamu download di JOOX.
JOOX_4
  • Selanjutnya kamu buka kembali file manager, dan kembali ke folder JOOX - Song. Dan sekarang pasti file ofl yang tadinya 0.00 Byte sudah berubah menjadi ukuran yang sama dengan file ofl_en. Kuncinya, untuk membuka enkripsi file berekstensi ofl, kamu harus sambil memainkan file yang dienkripsinya tersebut.
JOOX_5
  • Ketika file ofl sudah tidak 0.00 Byte lagi, kamu bisa mengganti ekstensinya ke mp3. Setelah itu kamu aman untuk menghapus file ofl_en.
JOOX_6

Setelah selesai, kamu bisa pindahkan file hasil rename tersebut ke folder lain khusus file mp3. Selanjutnya, kamu bisa memutar lagu tersebut secara offline kapanpun dimanapun dengan menggunakan aplikasi pemutar musik apapun.

JOOX_7

Mudah bukan cara download lagu dari JOOX ini? Sekalian kamu juga jadi tahu cara download lagu VIP dari JOOX. Mau berlangganan VIP gratis dari JOOX? Tinggal share lagu yang kamu dengarkan di JOOX ke WeChat atau Facebook.

Selamat mencoba tips dari Bang Rapy ya!

24 comments

ukuran file ofl tetap 0.0byte... gak bisa berubah..

Sepertinya JOOX sudah mengubah algoritmanya. Nanti coba Abang cari lagi caranya ya.

Udah di rename tp malah ga bisa diplay bang

Please update infonya bang.. Untuk bsa mengubah formatnya..

This comment has been removed by the author.

Bantu jawab pertanyaan @Ridho Dinata,
Anda harus downgrade versi Joox Music nya ke versi 1.4.2 baru trik ini bisa anda nikmati. Di versi skrg versi google playstor sudah v 3.1 udah berkali kali update jadi sama pengembang di perketat. Kalo ente mau nikmati wajib download yang versi 1.4.2

Masih bisa bang syarat utama harus Joox versi 1.4.2

Bang.. oleh krn lagu yg muncul/tersimpan di filemanager kita hanya angka&formatnya... lantas bgaimana kita mau mengetahui lagu yg kita putar diJOOX & melihatnya difile manajer?

Atw apa saya harus hapus JOOX TERBARU dulu utk menginstal yg v1.4.2?

Kang ... saya udah TERDOWNLOAD yg v3... apa saya hrs hapus dulu, baru DWLOAD yg v1.4.2? Mohon pencerahannya

Kang ... saya udah TERDOWNLOAD yg v3... apa saya hrs hapus dulu, baru DWLOAD yg v1.4.2? Mohon pencerahannya

Bang kok saya udh simpan lagunya tapi gk ada file kayak di atas? Cuma ada storage.cfg

Tolong di balas bang..

Bang kok saya udh simpan lagunya tapi gk ada file kayak di atas? Cuma ada storage.cfg

Tolong di balas bang..

Downgrade dulu joox anda ke versi lawas contoh ke versi 2.2 bisa cari di youtube juga caranya, ingat hanya bisa di lakukan pada versi lawas

paling gampang dari desktop version/pc.. pake IDM.. hehe

kalau udah di dengarin lagu yang dikehendaki itu, tetapi apabila memeriksa kembali dua file itu, yang berekstensi ofl itu masih bersaiz 0.00b bagaimana itu?

Joox music stores the largest collection of music, quality music, free music everywhere
See also: Download Joox music

terimakasih kak.. artikel ini yang aku cari

Makasih atas artikel ini... Saya akhirnya bs nyimpen lagunya di music player saya... Jika ukuran file ofl nya masih 0B , coba terus putar lagunya berulang ulang sampai ukuran file ofl nya berubah...

Saya jg pas baru memutar lagunya 2x gak bs² tp pas dicoba berlali kali bisa kok

Kok selalu gagal ya, tapi bener tu kata @muhammad zuhair kalau lewat pc terus pake idm langsung ok.

Setiap kali saya coba kok selalu 0 byte ya mas? Apakah cara ini masih work? kalo masih work saya ijin share ya :)

Bang kalo app joox nya di downgrade tapi sebelum itu saya copy file .ofl dan .ofl_en yg udah saya download lewat joox v.4, bisakah kebaca di joox v 1.4.2? Karna males nunggu lama buat download lagu lagi.. hehe mohon pencetahannya bang..

Awalnya lancar aja, terus pas udh diganti namanya pas di cek di playlist offlinenya di musik gak ada ya kak. Itu masalahnya bagian mana ya? Kasih tau dong


EmoticonEmoticon